Langsung ke konten utama

Kalender

Kebijakan Privasi


Sebelum menyimpan cadangan data di cloud melalui aplikasi ini, sebaiknya Anda membaca dengan saksama kebijikan privasi berikut ini.


Aplikasi ini menyediakan pilihan kepada penggunanya untuk melakukan backup/restore data melalui server penyimpanan data yang disediakan oleh aplikasi.

Perlu diingat bahwa agar bisa melakukan backup/restore data, Anda harus "Login" terlebih dahulu dengan alamat Gmail menggunakan layanan Firebase Authentication milik Google.

Alamat Gmail yang digunakan pada saat "Login" akan disimpan di dalam preferensi aplikasi dan akan terhapus dengan sendirinya jika Anda log out. 

Apabila Anda menyimpan atau mengunduh cadangan data dari server aplikasi ke perangkat, maka alamat Gmail Anda akan dikirim ke server aplikasi untuk digunakan sebagai "kata kunci unik" yang akan membedakan data Anda dengan data pengguna lainnya.

Transfer data dari server aplikasi ke perangkat pengguna maupun sebaliknya dilakukan menggunakan protokol komunikasi aman yang dienkripsi menggunakan Secure Socket Layer (SSL). Hal ini bertujuan untuk melindungi data yang sedang dikirim dari server aplikasi ke perangkat atau sebaliknya tidak disadap atau dibaca oleh pihak lain.


Q: Apa itu Firebase Authentication?

A: Firebase Authentication adalah salah satu produk layanan milik Google yang dapat digunakan oleh pengembang aplikasi untuk meminta pengguna melakukan \"Login\" dengan menggunakan alamat Gmail. Dengan layanan ini, Google memberi akses kepada sebuah aplikasi untuk mengidentifikasi alamat Gmail, foto profil dan nama lengkap Anda tetapi TIDAK memberi akses untuk mengetahui password Gmail Anda.


Q: Mengapa alamat Gmail Anda diperlukan?

A: Alamat Gmail Anda diperlukan karena tabel penyimpanan data di server aplikasi ini mengelompokkan data-data yang tersimpan berdasarkan alamat Gmail. Hal ini didasari pertimbangan bahwa setiap pengguna memiliki alamat Gmail yang berbeda. Pengelompokan data ini dilakukan agar data yang disimpan oleh setiap pengguna di server aplikasi ini tidak tumpang tindih dengan data pengguna lainnya.


Perlu diingat bahwa fitur backup/restore data yang ada di aplikasi ini hanya bersifat opsional. Karena itu Anda tidak perlu untuk login dengan alamat Gmail Anda jika tidak bermaksud untuk mencadangkan data atau mengunduh data dari server aplikasi.

Aplikasi ini juga menyediakan pilihan kepada penggunanya untuk menghapus cadangan data mereka (termasuk alamat Gmail) yang tersimpan di server aplikasi jika mereka sudah tidak memerlukannya lagi. Tetapi perlu diingat bahwa cadangan data yang telah dihapus dari server aplikasi tidak akan dapat dipulihkan lagi.


Demikian penjelasan kami mengenai tujuan pengumpulan alamat Gmail pengguna yang dilakukan oleh aplikasi ini serta metode apa yang digunakan untuk mendapatkan alamat Gmail tersebut.

Selain membaca alamat Gmail, aplikasi ini tidak mengumpulkan data apapun dari perangkat Anda dan juga tidak mengakses fitur tertentu di perangkat Anda.


 Terimakasih.