Langsung ke konten utama

Al Quran Dan Tafsir

Kebijakan Privasi


Kebijakan ini menjelaskan rincian mengenai data pribadi Anda yang dikumpulkan oleh aplikasi Al Quran Perkata dan Tafsir serta untuk apa data tersebut dikumpulkan.

Untuk mendukung kinerja beberapa fitur di dalam aplikasi, beberapa informasi pribadi yang bersifat sensitiv akan dikumpulkan dari perangkat Anda setelah Anda memberikan persetujuan kepada aplikasi ini untuk membaca data-data berikut:

 
1. Mengumpulkan Alamat Gmail.

 Alamat Gmail Anda diperlukan karena tabel penyimpanan data (mis: bookmark dan catatan) di server aplikasi ini mengelompokkan data-data yang tersimpan berdasarkan alamat Gmail dengan pertimbangan bahwa setiap pengguna memiliki alamat Gmail yang berbeda. Pengelompokan data ini dilakukan agar data setiap pengguna tidak tumpang tindih dengan data pengguna lainnya.
 
Cara pengambilan alamat Gmail yang dilakukan oleh aplikasi ini menggunakan layanan Firebase Authentication milik Google. Selanjutnya alamat Gmail tersebut akan disimpan di dalam preferensi aplikasi dan akan dikirim bersama data (mis: bookmark dan catatan) ke server aplikasi ketika Anda menyimpan data di server aplikasi atau mengambil data Anda dari server aplikasi ke perangkat.
 
Q: Apa itu Firebase Authentication?
 
A: Firebase Authentication adalah salah satu produk layanan milik Google yang dapat digunakan oleh pengembang aplikasi untuk meminta pengguna melakukan "Sign In" dengan menggunakan alamat Gmail. Dengan layanan ini, Google memberi akses untuk mengidentifikasi alamat Gmail, foto profil dan nama lengkap Anda tetapi TIDAK memberi akses untuk mengetahui password Gmail Anda. Adapun aplikasi ini hanya mengidentifikasi alamat Gmail dan foto profil saja, TIDAK mengidentifikasi nama lengkap Anda.
 
2. Foto Profil Akun Gmail.

Selain alamat Gmail Anda, aplikasi ini juga menyimpan foto profil akun Gmail Anda untuk di tampilkan di dashboard aplikasi. Foto profil ini hanya disimpan di perangkat Anda saja dan tidak akan dikirim ke Cloud bersama data Anda.
 
3. Memerlukan Informasi Lokasi.
 
Kami memahami bahwa data lokasi perangkat Anda adalah data yang bersifat pribadi dan sensitif, tetapi aplikasi ini memerlukan data tersebut (berupa garis lintang dan garis bujur) untuk menentukan titik koordinat posisi perangkat Anda. Selanjutnya data tersebut akan digunakan untuk perhitungan waktu shalat dan arah kiblat di wilayah tempat Anda berada.
 
Pelacakan lokasi perangkat hanya bisa dilakukan jika Anda mengizinkan dan tidak dilakukan secara otomatis di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda ketika aplikasi sedang tidak aktif.
 
Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan izin membaca data lokasi ini secara manual kapan pun melalui pengaturan perangkat Anda. Caranya, buka menu Pengaturan -> Aplikasi Terinstal -> Nama Aplikasi -> Perizinan, lalu aktifkan/nonaktifkan izin akses lokasi perangkat.
 
Demikian telah kami jelaskan mengenai data pribadi Anda yang perlu dibaca/diakses oleh aplikasi ini. Secara umum, fitur-fitur aplikasi ini masih tetap dapat berfungsi dengan normal walaupun Anda tidak memberikan izin untuk mengkases data-data yang diperlukan. Fitur yang tidak akan berfungsi hanya fitur yang memang memerlukan izin-izin tersebut.